Beranda Tips Tes 5 Cara Sukses dalam Interview Kerja

5 Cara Sukses dalam Interview Kerja

Banyak dari kita sering melakukan kesalahan dalam melakukan wawancara kerja atau yang lebih kita kenal Interview. Kegagalan itu hanya berlaku untuk mereka yang tidak mau berbenah dan selalu merasa rendah diri. Bangkitlah dan dapatkan pekerjaan impianmu dengan lima kiat ini

Mendapatkan pekerjaan adalah tujuan bagi kebanyakan orang, terutama bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Namun, untuk diterima di pekerjaan yang kita inginkan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Banyak dari kita yang mengalami kegagalan dalam prosesnya. Salah satu proses yang harus kita lalui untuk mendapatkan pekerjaan ialah tahap wawancara.

Wawancara adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk menilai calon pekerjanya. Tapi, tahap ini sekaligus menjadi salah satu pengganjal bagi para pencari kerja. Karena disini mereka harus berhadapan langsung dengan wakil dari perusahaan yang akan menilai apakah kita layak atau tidak untuk diterima. Nah, oleh karena itu wajib hukumnya untuk kita melakukan persiapan sebelum wawancara. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan? Ini dia beberapa tips yang dapat membantumu lebih siap dan sukses menghadapi wawancara kerja:

1. Buat First Impression Positif

First impression dapat melancarkan proses wawancara kerja
First impression adalah hal yang berpengaruh besar khususnya dalam wawancara kerja. Proses wawancaramu dapat menjadi lebih lancar dan mudah apabila kamu berhasil membuat first impression yang baik kepada interviewer. Untuk menciptakan kesan pertama yang baik, datanglah lebih awal sebelum jadwal interviewmu. Ini dapat menunjukkan bahwa kamu benar-benar berniat bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Selain itu, berjabat tanganlah dengan erat dan buat kontak mata yang baik dengan interviewer sepanjang wawancara. Tunjukkan bahwa kamu percaya diri untuk dapat diterima di perusahaan tersebut.

2. Berpenampilan Baik

Penampilan baik adalah hal yang pewawancara liat pertama kali
Penampilan yang baik bukan hanya tentang pakaian apa yang kamu pakai atau bagaimana kamu terlihat secara keseluruhan. Tapi, bagaimanakah berpenampilan baik itu? Banyak hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat penampilanmu sempurna, salah satunya adalah dari rambut. Jangan pernah melakukan interview kerja dengan rambut kacau. Selain itu, usahakan wajahmu terlihat alami dan jangan memakai make up secara berlebihan. Perhatikan juga bagian kuku supaya tidak panjang dan terlihat kotor. Pakai parfum dengan aroma tidak menyengat dan kenakan pakaian profesional dengan warna yang terkoordinasi.

3. Lakukan Riset

Melakukan penelitian tentang perusahaan adalah hal terpenting untuk dapat sukses menjalani wawancara
Salah satu pertanyaan yang banyak pelamar tidak bisa jawab adalah, “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini dan posisi apa yang Anda lamar?”

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan melakukan penelitian pada perusahaan tersebut sebelum proses wawancara. Cari informasi mendalam mengenai perusahaan dan posisi yang kamu inginkan. Ini tidak hanya membuat kamu lebih siap untuk wawancara, tetapi juga membantumu untuk tampil cerdas, berpengalaman dan berpengetahuan luasi. Melakukan penelitian adalah hal yang wajib dilakukan oleh pelamar apabila ingin wawancaranya berjalan sukses.

4. Antusias dan Percaya Diri

Modal utama seorang pencari kerja ada antusiasme dan percaya diri
Apakah kita boleh berbohong saat menjawab pertanyaan wawancara?Tentu saja para Manajer, HRD, bahkan konsultan karirpun akan sepakat dan menjawab “Jangan pernah berbohong ketika wawancara kerja”. Sebagai pencari kerja, suatu keharusan untuk menjaga track record agar kita mempunyai nama baik di perusahaan yang akan kita lamar.

Kita tidak sepatutnya berbohong agar kita terlihat layak untuk mendapat pekerjaan tersebut. Berbohong dapat berdampak buruk bagi kelangsungan karir kita saat perusahaan mengetahui kebenarannya. Tapi tidak berarti kita harus memaparkan hal-hal negatif yang ada pada diri kita saat wawancara. Jawablah dengan jujur bila interviewer membahas tentang salah satu kekurangan kita, namun jangan paparkan hal yangdapat menyudutkanmu jika interviewer tidak menanyakannya.

5. Berikan Jawaban Cerdas

Jawab pertanyaan wawancara dengan fokus dan tepat
Hal yang perlu kita perhatikan saat proses wawancara adalah memahami setiap pertanyaan yang diajukan dan berikanlah jawaban yang tepat. Jangan berbelit dalam menjelaskan karena akan memberikankesan tidak fokus pada pertanyaan. Jawablah pertanyaan secara singkat dan padat. Usahakan tak lebih dari dua menit untuk setiap pertanyaan.

Selain itu, jangan pernah memberikan jawaban “tidak” secara mentah-mentah terhadap pertanyaan yang diberikan. Contohnya saat kamu tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi photoshop dan interviewer menanyakan, “Apakah kamu bisa menggunakan photoshop?”, maka jangan menjawab “Saya tidak bisa” dan berhenti sampai disitu. Berikanlah jawaban yang menggambarkan bahwa kamu akan berusaha untuk menguasai apa yang kamu tidak bisa lakukan.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar sukses menghadapi wawancara kerja. Yang terpenting jangan pernah menyerah dan putus asa jika kamu mengalami kegagalan. Karena kegagalanmu sekarang adalah pengalaman yang akan menjadi kunci suksesmu di masa mendatang dan jangan lupa berdoa dan restu kepada kedua orangtua

Tinggalkan Balasan